PENGETAHUAN IBU TENTANG ISPA DI UPTD PUSKESMAS PONDOK GEDE

Fitria Sari

Abstract


Infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) merupakan salah satu penyebab kematian pada anak di negara sedang berkembang. ISPA ini menyebabkan 4 dari 15 juta kematian pada anak berusia di bawah 5 tahun. setiap anak balita diperkirakan 3 – 6 episode ISPA setiap tahunnya dan proporsi kematian yang disebabkan ISPA mencakup 20 – 30%. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya hubungan faktor lingkungan dan perilaku dengan kejadian ISPA pada balita di wilayah kerja Puskesmas Kecamatan Pondok Gede Bekasi Tahun 2013.

Penelitian ini menggunakan studi kuantitatif  rancangan Cross Sectional dengan variabel independen kepadatan penghuni rumah, ventilasi, pendidikan ibu, pekerjaan ibu, umur ibu, merokok, menggunakan obat anti nyamuk bakar, memberikan ASI eksklusif, menggunakan masker apabila terkena ISPA dan menidurkan balita bersama anggota keluarga yang terkena ISPA. Populasi dan sampel penelitian ini adalah ibu yang mempunyai balita usia 7 bulan sampai 5 tahun dan tinggal di Kelurahan Jatiwaringin dan Jati Cempaka berjumlah 100 orang yang diambil secara proporsional. Analisis data yang dilakukan adalah univariat, bivariat dan multivariate.

Hasil analisis membuktikan bahwa, balita yang menderita ISPA sebanyak 43%. Variabel yang berhubungan dengan kejadian ISPA adalah kepadatan penghuni rumah, ventilasi dan memberikan ASI eksklusif. Variabel yang paling dominan berhubungan dengan kejadian ISPA adalah ventilasi (OR = 5,388). Saran penulis dalam penelitian ini adalah bagi Instansi terkait, diharapkan agar meningkatkan sistem kewaspadaan dini terhadap kejadian ISPA melalui peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku hidup sehat.

 

Daftar Pustaka : 52 (1983-2012)

Kata Kunci : Lingkungan, perilaku, ISPA, balita


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jbik.v5i1.113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan

Flag Counter

         

 

JURNAL BIDANG ILMU KESEHATAN by http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License