Analisis Perilaku Kerja Radiografer Di Rumah Sakit Tipe B Jakarta Pusat Tahun 2017

Bintang Evelyn, Hadi Siswanto

Abstract


Berdasarkan studi pendahuluan pada Rumah Sakit Tipe B Jakarta Pusat tahun 2017 didapatkan sebanyak 55% radiografer berperilaku tidak aman tanpa menggunakan perlengkapan proteksi radiasi saat bekerja dan 45% radiografer berperilaku aman dengan menggunakan perlengkapan proteksi radiasi saat bekerja. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada penyebab yang berhubungan mengenai perilaku kerja radiografer di Rumah Sakit Tipe B Jakarta Pusat tahun 2017.

Metode penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross sectional.  Penelitian dilakukan pada bulan Juni-Agustus 2017. Populasi pada penelitian ini berjumlah 40 orang dan menggunakan teknik sampling jenuh dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Analisis data yang digunakan adalah univariat dan bivariat untuk mengetahui hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen (perilaku kerja) dan dilakukan dengan uji chi square. Hasil penelitian, diketahui 57,5% radiografer berperilaku tidak aman dan 42,5% berperilaku aman. Variabel yang diketahui memiliki hubungan yang bermakna dengan perilaku kerja adalah pengetahuan, sikap dan pelatihan sedangkan variabel umur dan ketersediaan fasilitas tidak ada hubungan yang bermakna dengan perilaku kerja.

Kata kunci           : Keselamatan, Radiasi, Perilaku Kerja, Radiografer, Rumah Sakit Tipe B


Full Text:

PDF

References


Alaydrus, A. 2014. Efek Paparan Radiasi terhadap Limfosit pada Radiografer di Rumah Sakit ABCD Tahun 2014. Tesis. Program Pascasarjana Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga. Surabaya. http://www.goog-le.com/ Fadln.lib.unair.ac.id. [14 Juli 2017].

Brauer, Roger L. 2016. Safety and Health for Engineers. Hoboken: Wiley.

Geller, E. Scott. 2001a. Keys to Behavior-Based Safety. USA: Government Institutes.

Health and Safety Authority. 2012. Behavior Based Safety Guide. http://www.hsa.ie/eng/Publications_and_Forms/Publications/Safety_and_Health_Management/behaviour_based_safety_guide.pdf [14 Juli 2017].

Heinrich, H.W. 1931. Industrial Accident Prevention: A Scientific Approach. New York: McGraw-Hill.

Heni, Yusri. 2011. Improving Our Safety Culture. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2014a. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.52643/jukmas.v2i1.566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019

Flag Counter

       

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.