ANALISIS EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA PT. SUN HOPE INDONESIA

Ruth Yusnita Putri, Rushadiyati Rushadiyati

Abstract


Rumusan masalah pada penelitian ini adalah menganalisis faktor eksternal dan internal perusahaan  serta pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek yang mencakup elemen-elemen ekuitas merek yaitu: kesadaran merek, asosiasi merek, Persepsi kualitas,dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian produk PT. Sun Hope Indonesia.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Sun Hope Indonesia, Jakarta. Subjek penelitian pada penelitian ini berjumlah dua puluh tiga(23)  orang, yaitu: tiga (3) orang informan internal dan dua puluh (20) orang informan eksternal. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan dan wawancara secara terbuka terhadap informan internal maupun eksternal. Instrumen pengumpulan data menggunakan panduan wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kesadaran merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, hal ini dibuktikan dari hasil wawancara mendalam terhadap konsumen, (2) asosiasi merek, (3) persepsi kualitas berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, (4) loyalitas pelanggan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci : Merek, Ekuitas Merek, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v9i1.340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.