Pengaruh Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Peningkatan Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada Industri Makanan Di Kecamatan Cipayung Jakarta Timur

Yulita Nurhartani, Eros Rosmiati, Maya Sova

Abstract


Kewirausahaan (entrepreneurship) di Indonesia berperan penting dalam perekonomian Nasional. Khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terbukti telah memberi peluang kerja bagi masyarakat di Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, dan terus meningkat dari tahun ke tahun. Namun Perkembangan ini belum dibarengi kinerja maksimal UMKM, karena kendala: orientasi pasar yang konvensional, dan kurangnya orientasi kewirausahaan, karenanya dibuat penelitian berjudul Pengaruh  orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UMKM, pada industri makanan di Kecamatan Cipayung Jakarta Timur?. Dengan tujuan Untuk Mengetahui pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan secara simultan terhadap kinerja UMKM, menggunakan rancangan penelitian survey, observasi, teknik purposive sampling, data primer, data sekunder,  skala likert, uji validitas, uji reliabilitas, analisa regresi linear berganda, program SPSS, kuesioner dan sampel 100 responden. Hasilnya:  Orientasi Pasar berpengaruh sig. terhadap kinerja UMKM, (nilai sig. 0,019 < 0,05 dan nilai thitung2,387 > 1,988) dimana Ho ditolak dan H1 diterima, Orientasi Kewirausahaan berpengaruh sig. terhadap kinerja UMKM. dari nilai sig. 0,000 < 0,05 dan nilai thitung5,244 > 1,988, Ho ditolak dan H2 diterima. Maka Orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan secara simultan berpengaruh terhadap kinerja UMKM. dari nilai Fhitung > Ftabel (51,612 > 3,09). Dimana Ho ditolak dan H3 diterima. Diharapkan penelitian ini, dapat sebagai rekomendasi strategi peningkatan kinerja di Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. disarankan:  pelaku UMKM agar menerapkan SOP yang jelas, berorientasi pasar, serta menguasai pasar melalui survey, riset,  dengan gagasan baru dalam : produk, iklan, pameran. Sehingga pemasaran produk dapat menjangkau  wilayah didalam maupun diluar kecamatan Cipayung

 

Kata kunci : orientasi pasar, orientasi kewirausahaan , kinerja


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v9i1.332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.