PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG PADA OBYEK WISATA TAMAN REKREASI CIMALATI PASAWAHAN CICURUG SUKABUMI

Leni Lasmiansi, Agus Baharudin

Abstract


Pengelola jasa wisata Taman Rekreasi Cimalati, tempat wisata di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. berlokasi di Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, yang memberikan kualitas pelayanan dan kepuasan para pengunjungnya dengan sebaik-baiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung di Taman Rekreasi Cimalati Sukabumi. sampel berjumlah 100  responden. Metode penelitian menggunakan rumus  korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian adalah : koefisien korelasi rs = 0,992, hal ini menunjukan terdapat hubungan kuat, searah antara Kualitas Pelayanan (variabel X) dan Kepuasan Pengunjung (variabel Y), dengan koefisien determinasi  (Kd) = 98,4%,  artinya terdapat pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung sebesar 98,4%,  sisanya 1,6% dipengaruhi variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.  Sementara dari Hasil uji statistik diperoleh zhitung > zalpha = 9,86 > 2,45, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

 

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pengunjung


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v8i2.313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.