KORELASI PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA USAHA TOKO BUNGA AGUNG FLORIST

Meriana Meriana, Tina Rosa

Abstract


ABSTRAK

Perkembangan  dunia  usaha  serta  kebutuhan pelanggan, menjadikan Permasalahan   dalam   Promosi dan Harga yang berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan baik secara parsial maupun simultan. Begitu pula pada Usaha Toko Bunga Agung Florist secara parsial dan simultan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh Promosi dan Harga terhadap kepuasan pelanggan pada Usaha Toko Bunga Agung Florist secara  parsial  dan  simultan. Variabel penelitian adalah Promosi (X1), Harga (X2), dan Kepuasan pelanggan (Y). Metode Penelitian menggunakan data primer, data sekunder,  analisis regresi linear berganda, uji validitas, uji reliabilitas, uji simultan (uji F), Uji Prsial (Uji t), dan sampel berjumlah 60 responden dengan alat bantu kuesioner. Hasil penelitian  menunjukan promosi (X1) berhubungan signifikan dengan kepuasan pelanggan (Y), dan harga (X2) juga berhubungan signifikan dengan kepuasan pelanggan (Y). Koefisien Determinasi (R-square) sebesar 0,550 atau 55,0%. Artinya promosi dan harga secara simultan berpengaruh terhadap variabel kepuasan pelanggan sebesar 55%. Kesimpulan Promosi dan Harga berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan pada usaha Toko Bunga Agung Florist, semakin besar Promosi dan Harga yang diterima, maka Kepuasan Pelanggan akan semakin meningkat. Saran pihak Agung Florist dapat memanfaatkan media elektronik dan cetak serta dapat memberikan informasi daftar harga secara berkala  untuk memudahkan pelanggan menemukan produk yang diinginkan, dan memudahakan pelanggan mengetahui adanya diskon (potongan harga) pada waktu tertentu.

 

Kata Kunci : Promosi, Harga, Kepuasan Pelanggan.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v8i1.255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.