ANALISIS PERSEPSI BRAND ASSOCIATION MENURUT PELANGGAN SABUN MANDI CAIR PADA PT. UNILEVER INDONESIA, TBK

Novia Triyani, Ani Nuraini

Abstract


Di era globalisasi sistem perekonomian Indonesia mengarah ke mekanisme pasar yang memposisikan pemasar mengembangkan dan merebut pangsa pasar, Salah satunya  dengan penggunaan merek. Dalam persaingan ini, masing-masing produk berusaha mengusung citra terbaiknya dimata konsumen, karena itu Perusahaan dituntut melakukan kegiatan pemasaran bagi produk-produk yang dihasilkan. Tujuan penelitian untuk mengetahui respon konsumen terhadap brand association produk sabun mandi cair merek Lux, Lifebuoy, dan Dove.  Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif(Lexy J, Moleong. 2007), sampel 60 responden , random sampel, data primer dari masyarakat kelurahan Bambu Apus yang pernah/ sedang menggunakan sabun mandi cair Merek Lux, Lifebuoy, dan Dove. Analisisnya dengan uji reliabilitas  teknik belah dua (split half) dari Spearman-Brown dan analisis brand association dengan uji Cochran Q Test. Hasil Uji Cochran nilai Q = 7,330≥ X20,05(2) = 5,991 artinya ada perbedaan persepsi brand association  penggunaan merek Lux, Lifeboy, dan Dove. Sabun mandi cair Merek Lux  merek terkenal, mudah diperoleh, harga terjangkau, aroma wangi tahan lama, banyak pilihan, aman dikulit. Sabun mandi cair Merek Lifebuoy adalah sabun mandi keluarga, merek terkenal, mudah diperoleh, harga terjangkau, membersihkan tubuh dari kuman, aman dikulit. Sabun mandi cair Merek Dove adalah merek terkenal, mudah diperoleh, harga terjangkau, banyak pilihan, aman dikulit, menghaluskan kulit. Kesimpulan sabun mandi cair Merek Lux dan Dove adalah merek terkenal, mudah diperoleh, harga terjangkau, aroma wangi tahan lama, banyak pilihan, aman dikulitsedangkan Merek Lifeboy adalah sabun mandi keluarga, merek terkenal, mudah diperoleh, harga terjangkau, membersihkan tubuh dari kuman, aman dikulit. Saran Sebaiknya produsen sabun mandi cair Lux, Lifebuoy, dan Dove mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk dari masukan konsumen.

 

Kata Kunci             : Sabun, Persepsi Brand Association.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v7i1.200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

  

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.