PENGARUH DISTRIBUSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN (PADA CV. MEDIA PRESSINDO, JAKARTA)
Vivi Juniati, Sudaryanto Sudaryanto
Abstract
Salah satu aspek yang cukup penting dalam manajemen pemasaran adalah mengenai saluran distribusi, maka salah satu usaha yang dilakukan oleh perusahaan adalah mengefektifkan saluran distribusi dan periklanan yang ada sehingga dapat meningkatkan volume penjualan. dapat diketahui bahwa perusahaan bukan semata-mata untuk memproduksi saja, akan tetapi juga mempertimbangkan penyaluran hasil produksi ke pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh distribusi dengan volume penjualan dan juga untuk mengetahui besaran nilai distribusi terhadap peningkatan volume penjualan. Metode penelitian kuantitati dengan desain survei, sampel jenuh sebanyak 50 responden, data primer dengan kuesioner. Analisis dengan uji validitas dan reliabilitas untuk menguji persyaratan data. Analisis data menggunakan Uji Korelasi, Uji Regresi dan Uji t. Hasil perhitungan keseluruhan dari distribusi dan volume penjualan adalah valid. Hal ini diketahui dari perolehan nilai probabilitas masing-masing pernyataan < 0.05. Uji Korelasi diperoleh variabel distribusi memiliki tingkat hubungan yang kuat dengan volume penjualan dengan nilai korelasi 0.701 atau 70.1% artinya volume penjualan dipengaruhi oleh distribusi. Hal ini didukung hasil uji t hitung sebesar 6.819 > t tabel sebesar 2.021, Ho ditolak artinya terdapat pengaruh kuat antara distribusi dengan volume penjualan pada CV. Media Pressindo. Pengaruh yang kuat artinya jika faktor distribusi mengalami peningkatan maka akan diikuti dengan peningkatan volume penjualan. KesimpulanDistribusi dan Peningkatan Volume Penjualan yang telah dilakukan CV. Media Pressindo Jakarta pada pendistribusian LKS sangat baik, dan terdapat hubungan yang kuat yang kuat antara distribusi dengan volume penjualan. Saransebaiknya CV. Media Pressindo Jakarta terus melakukan perbaikan-perbaikan dalam proses Distribusi guna meningkatkan Volume Penjualan dan kenyamanan para konsumen.