KORELASI SISTEM KEARSIPAN TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA BALAI BESAR REHABILITASI BADAN NARKOTIKA NASIONAL LIDO

Dewi Puspitasari, Sularto Sularto, Rien Muktiyorini

Abstract


Kearsipan mempunyai peranan penting dalam pelaksanaan administrasi, karena arsip merupakan pusat ingatan bagi setiap kegiatan dalam suatu kantor yakni sebagai pusat ingatan dan sumber informasi dalam melakukan kegiatan perencanaan, penganalisaan, perumusan, kebijaksanaan, penilaian, pengendalian, dan pertanggung jawaban setepat-tepatnya. Tanpa arsip tidak mungkin seorang petugas arsip dapat mengingat semua catatan dan dokumen secara lengkap. Penelitian ini bertujuan menjelaskan hubungan antara system kearsipan terhadap efektivitas kerja pegawai pada Balai Besar Rehabilasi BNN Lido. Menurut Suraja (2006:20) sistem kearsipan adalah kesatuan beberapa unsur yang diperlukan untuk melakukan pengurusan warkat/ arsip dalam mencapai tujuan kearsipan. Efektivitas kerja merupakan tingkat keberhasilan mencapai sasaran kegiatan yang dibutuhkan sesuai dengan biaya, waktu, dan jumlah personil yang ditentukan.

Jenis penelitian kuantitati  dengan rancangan crossectional, populasi penelitian sebanyak 50 orang. Wawancara menggunakan kuesioner, uji validitas dan reliabilitas, analisis data dengan  Uji t dan regresi. Dari hasil perhitungan, secara keseluruhan kusioner system kearsipan terhadap efektivitas kerja menurut jawaban responden adalah valid. Hal ini diketahui dari perolehan nilai probabilitas masing-masing pernyataan p < 0.05. Untuk Uji Korelasi diperoleh kesimpulan bahwa variabel system kearsipan memiliki tingkat hubungan yang kuat dengan efektivitas kerja dengan nilai korelasi (r) sebesar 0.284 atau 28,4% efektivitas kerja dipengaruhi oleh system kearsipan. Hal ini didukung oleh hasil uji hipotesis melalui uji t didapatkan nilai t hitung sebesar7,460 >dari t table sebesar2,011 dengan demikian Ho ditolak dan menerima Ha yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang kuat antara system kearsipan terhadap efektivitas kerja pada Balai Besar Rehabilitasi BNN Lido.

 

Kata Kunci : Sistem Kearsipan, Efektivitas Kerja


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

StatCounter

View My Stats