ANALISIS ISO 9001:2008 PADA PROSES PENGEPAKAN (PACKAGING) DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PT. PACIFIC REMOVINDO ALLIED PICKFORDS INDONESIA

Nurminingsih Nurminingsih, Efita Damayanti

Abstract


Salah satu pilihan yang paling strategis dalam sebuah organisasi agar mampu bertahan di tengah situasi lingkungan ekonomi yang memperlihatkan kecenderungan perubahan demi perubahan, persaingan yang sangat tinggi serta semakin cangihnya kualitas hidup. Peningkatan kualitas mencakup pelayanan secara umum yang dilakukan oleh orang-orang yang terlibat di dalamnya dalam hal ini manajemen sumber daya manusia, kualitas pelayanan menjadi bagian yang penting dalam upaya peningkatan sistem manajemen kualitas secara keseluruhan. Pelanggan menjadi fokus utama ketika kita menggungkap tentang kepuasan dan kualitas pelayanan jasa.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa implementasi ISO 9001:2008 Pada Proses Pengepakan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan PT. Pacific Removindo (Allied Pickfords Indonesia).

  v

 Sistem manajemen mutu yang sudah berjalan sejak tahun 2003  sangat membantu proses bisnis perusahaan. ISO 9001:2008 telah memberikan kontribusi besar pada usaha perusahaan dalam pemenuhan indeks kepuasan pelanggan.

Metoden penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan analisis SWOT yang mencakup lingkungan internal dan eksternal perusahaan dimana analisis ini menetukan kekuatan (strengths), kelemahan (weakness), peluang (opportunies) dan ancaman (threath). cara analisis data yang menggunakan perhitungan angka-angka atau untuk menunjang proses analisis data tersebut dengan menggunakan bobot, skala dam rating.  

Berdasarkan semua analisis tersebut diatas, alat yang dipakai untuk menyusun faktor –faktor strategis perusahaan adalah dengan menggunakan matrik SWOT. Matrik ini menggambarkan secara jelas peluang dan acaman eksternal yang dihadapi perusahaan yang dapat diatasi dengan kekuatan serta meminimalkan kelemahan yang berasal dari internal perusahaan. Matrik SWOT menghasilkan empat set kemungkinan alternative strategi yaitu ST, WT, SO dan WO. 

 Kata Kunci : ISO 9001:2008, Pengepakan, Kepuasan Pelanggan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

StatCounter

View My Stats