Perancangan Aplikasi Manajemen Rantai Pasok Pada Industri Rumah Tangga Puppy Putra Perdana

Trisha Aida Syahputri

Abstract


Manajemen rantai pasok merupakan kegiatan yang mengkonversi bahan mentah menjadi barang jadi dan aliran distribusi kepada pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses manajemen rantai pasok pada Puppy Putra Perdana meliputi proses distribusi ke agen dan toko. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah analisis deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Aplikasi yang dirancang menyajikan informasi bagi pihak internal produsen,agen dan toko berbasis web. Aplikasi ini akan mempermudah komunikasi antara agen dan toko dalam melakukan pemesanan terhadap produk yang ditawarkan oleh Puppy Putra Perdana. Hasil penelitian ini berupa aplikasi manajemen rantai pasok  berbasis web yang akan mempermudah Puppy Putra Perdana melakukan transaksi dengan agen maupun dengan toko.

Full Text:

PDF

References


Pressman, Roger S. dan Maxim, Bruce R. “Software Engineering A Practitioner's Approach”. 2015. Mc Graw Hill Education.

Sommerville, Ian. “Software Engineering”. 2011. Pearson.

Irawan, Agustinus Purna. “Buku Ajar Manajemen Rantai Pasokan”. 2008. Fakultas Teknik Universitas Tarumanegara.

https://kemenperin.go.id/gpr (diakses Sabtu, 19/10/2019).

Lanier, Danny. William F. Wempe, dan Morgan Swink. “Supply Chain Power And Real Earnings Management: Stock Market Perceptions, Financial Performance Effects, And Implications For Suppliers”. 2018. Journal of Supply Chain Management. URL: https://onlinelibrary.wiley.com/doi/epdf/10.1111/jscm.12186.

Manambing, Melva F. Petrus Tumade, dan Jacky S. B. Sumarauw. “Analisis Perencanaan Supply Chain Management (SCM) Pada PT. Sinar Galesong Pratama”. 2014. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi. URL: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/4933/4449.

Diana, Desra Isma. Rochadi Tawaf, Maman Paturochman. “Analysis Of Supply Chain Management Food Industries Sausage From Producent To Consument In Bandung (The Case Study at PT Kemfood Bandung)”. 2016. URL: http://jurnal.unpad.ac.id/ejournal/article/view/8580/3970.

Vistasusiyanti, Paulus Kindangen, Indrie Debbie Palandeng. “Analysis Supply Chain Management (SCM) Spring Bed At PT. Massindo Sinar Pratama Kota Manado”. 2017. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi. URL: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/16013/15521.

Rudy, dkk. “Analisis Dan Perancangan E-SCM. (Studi Kasus: PT. Multi Megah Mandiri)”. 2008. Seminar Nasional Informatika 2008 (semnasIF 2008). URL: https://media.neliti.com/media/publications/175194-ID-analisis-dan-perancangan-e-scm-studi-kas.pdf.

Sharma, Ashwini. Dixit Garg, Ashish Agarwal. “Quality Management In Supply Chains: The Literature Review.” 2012. International Journal for Quality Research. URL: http://ijqr.net/journal/v6-n3/3.pdf.




DOI: https://doi.org/10.52643/jti.v6i1.642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

 

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.