Uji Perbandingan Performa Metode Nth dan Metode PCC Dalam Implementasi Load Balancing dan Failover

Icksan Beni, Ade Surya Budiman, Eka Satryawati

Abstract


Disain jaringan internet dengan konektivitas berkarakter high-performance dan high-availability merupakan sebuah keniscayaan. Terganggunya dan menurunnya performa jaringan dapat menghambat siklus kerja organisasi yang mengandalkan konektivitas internet. Tidak terkecuali objek penelitian ini, SMAN 108 Jakarta, sebagai lembaga pendidikan formal yang mengandalkan siklus kerjanya dalam hal pengiriman data pokok dan administrasi sekolah serta proses pembelajaran, pada jaringan internet. Saat ini SMAN 108 Jakarta telah menggunakan dua ISP yang berbeda. Namun, pergantian jaringan utama ke jaringan cadangan masih dilakukan secara manual, sehingga menjadi salah satu bentuk inefisiensi. Dengan menerapkan failover dan load balancing diharapkan dapat meningkatkan efisiensi jaringan internet, karena secara otomatis mendistribusikan beban trafik pada dua jalur koneksi secara seimbang. Diantara metode yang dapat dipergunakan Nth dan Per Connection Classifier (PCC). Akan tetapi, perlu dilakukan untuk menilai metode yang paling tepat untuk diterapkan objek penelitian. Dalam penelitian ini dibandingkan kinerja dari metode Nth dan metode PCC. Dari hasil pengujian, metode Nth dapat membagi beban secara merata pada setiap ISP, sedangkan metode PCC hanya akan mengingat salah satu jalur gateway yang dilewati diawal saja. Namun, berdasarkan pengujian bandwidth, metode PCC lebih stabil dibandingkan pada metode Nth.

Kata Kunci: Failover, Load Balancing, Nth, Per Connection Classifier (PCC).


Full Text:

PDF

References


Satiarini, “Peer Connection Classifier Method for Load Balancing Technique,” International Journal of Electrical, Energy and Power System Engineering (IJEEPSE), vol. 4, no. 1, pp. 127–133, 2021, [Online]. Available: http://www.ijeepse.ejournal.unri.ac.id

Jatmika and R. Arjeko, “Perbandingan Dan Analisis Throughout Load Balance Nth Dan PCC Untuk Optimalisasi Trafik Mangle,” InFact: Jurnal Sains Dan Teknologi Informasi, vol. 6, no. 2, 2021, doi: 10.3848/ms.

Dartono, U. S, and D. Irawan, “Penerapan Metode Per Connection Classifier (PCC) Pada Perancangan Load Balancing Dengan Router Mikrotik,” Jurnal Elektro & Informatika Swadharma (JEIS), vol. 1, no. 1, 2021.

A. Desy Nur Utomo and P. Sarwono, “Load Balancing Per Connection Classifier dengan Pengukuran Quality of Service pada Jaringan LAN Lingkup Universitas,” Journal of Informatics, Information System, Software Engineering and Applications, vol. 2, no. 2, pp. 40–053, 2020, doi: 10.20895/INISTA.V2I2.

A. Mustofa and D. Ramayanti, “Implementasi Load Balancing dan Failover To Device Mikrotik Router Menggunakan Metode Nth (Studi Kasus : PT. GO-JEK Indonesia),” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), vol. 7, no. 1, pp. 139–144, 2020, doi: 10.25126/jtiik.202071638.

Idham, Rodianto, and H. Wahyudi, “Implementasi Load Balancing dan Failover pada Jaringan Internet Menggunakan Metode Nth,” JINTEKS (Jurnal Informatika Teknologi dan Sains), vol. 4, no. 3, pp. 131–136, 2022.

H. Kurniawan and S. Kosasi, “Penerapan Network Development Life Cycle Dalam Perancangan Intranet Untuk Mendukung Proses Pembelajaran,” Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA, vol. 5, no. 2, 2015.




DOI: https://doi.org/10.52643/jti.v8i2.2786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

 

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.