Analisa Sistem Penerimaan Berkas Lamaran Calon Pegawai Berbasis Web Di PT XYZ

Afnan Rosyidi, Siti Rihastuti

Abstract


Perekrutan karyawan dilakukan oleh PT XYZ untuk mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Kebutuhan akan sumber daya manusia yang berkualitas merupakan kebutuhan mutlak bagi perusahaan untuk dapat berkembang dan maju di masa depan. Perusahaan harus memastikan terlebih dahulu kriteria karyawan yang diinginkan dan menjadikannya sebagai pedoman dalam melakukan rekrutmen dan seleksi karyawan. Dalam hal ini, pihak HRD (Human Resource Department) dari PT. XYZ kerap menghadapi masalah tempat atau lokasi untuk para pelamar kerja saat menunggu, dari tahapan antrian serta pemilahan berkas-berkas yang masuk sesuai posisi lowongan yang ada. Untuk mendukung proses tersebut diperlukan sebuah Sistem Penerimaan Berkas Lamaran Calon Pegawai Berbasis Web di PT. XYZ. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan menganalisa Sistem Penerimaan Berkas Lamaran Calon Pegawai Berbasis Web yang difungsikan untuk membantu pihak HRD dalam melakukan seleksi dan pemilahan berkas calon pegawai. Sistem ini bisa diterapkan di PT. XYZ dalam aktifitas perusahaan pada perekrutan karyawan di waktu mendatang.

Kata kunci: analisis, seleksi, penerimaan berkas, web.

 


Full Text:

PDF

References


T. H. Ningrum, M. K. G. Umar, and . S., “Sistem Informasi Penerimaan Berkas Badan Usaha Jasa Konstruksi pada Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Provinsi Maluku Utara,” J. Ilm. Ilk. - Ilmu Komput. Inform., vol. 3, no. 1, pp. 43–51, 2020, doi: 10.47324/ilkominfo.v3i1.93.

K. Tika Apriani, Dewinda Rimanti, Elisa Nur Armaini, Susilawati, “Sistem Informasi Penerimaan Pegawai Di Stmik Pelita Nusantara,” JIKA (Jurnal Inform., vol. 5, no. 1, p. 96, 2021.

M. Abdillah and B. Cahyono, “Sistem informasi penerimaan berkas usul kenaikan pangkat pada badan kepegawaian daerah kabupaten kutai kartanegara,” vol. 2, no. 1, 2017.

M. Cinthya and A. Lestari, “Rancang Bangun Aplikasi Penerimaan Pegawai Baru Berbasis Website Pada Pt . Jamkrida,” vol. 14, no. 1, 2020.

E. W. Fridayanthie, A. Kusumaningrum, N. Iriadi, A. Sukma, and K. Kunci, “PERANCANGAN SISTEM PENERIMAAN PEGAWAI PADA PT . SATYAMITRA SURYA PERKASA ( SSP ) PROJECT LONTAR EXTENTION TANGERANG Diterima : Diterbitkan :,” J. Khatulistiwa …, vol. IX, no. 1, pp. 32–37, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khatulistiwa/article/view/9628.

M. Fani and I. A. Lestari, “Sistem online recruitment berbasis web pada PT. XYZ menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW),” 9th Appl. Bus. Eng. Conf., vol. 9, pp. 176–191, 2021, [Online]. Available: https://abecindonesia.org/proceeding/index.php/abec/article/view/156.




DOI: https://doi.org/10.52643/jti.v8i2.2774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

 

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.