Pengembangan Prototipe Desain User Interface & User Experience (UI/UX) Pada Aplikasi OSS URINDO Menggunakan FIGMA

Mada Okty Dea Pratama, Suwarni Suwarni

Abstract


Tujuan dari penulisan ini adalah Perancangan prototipe desain User Interface & User Experience (UI/UX) pada aplikasi OSS URINDO menggunakan Figma. Hasil akhir dari perancangan prototipe ini adalah untuk membuat suatu rancangan protitipe dari aplikasi OSS URINDO yang digunakan sebagai acuan suatu desain program aplikasi yang akan dibuat. Dengan adanya perancangan prototipe ini, diharapkan dapat mempermudah bagi pengembang aplikasi agar dapat membuat suatu program aplikasi sesuai dengan rancangan sistem prototipe yang telah ada. Semua hal yang diperlukan dalam mendesain suatu tampilan agar terlihat lebih menarik seperti penggunaan Font huruf, Layout, alur kerja suatu sistem, penggunaan warna, hingga fungsi menu dapat dibuat dalam prototipe ini. Tools atau software yang digunakan dalam pembuatan prototipe ini menggunaan Figma.

Kata kunci: User Interface, User Experience, (UI/UX), Prototipe, Software, Tools, dan Desain.


Full Text:

PDF

References


Edo Tirtadarma *), Agung Eko Budi, Elda Franzia Jasjfi. 2018. KAJIANPERANAN DESAIN UX (PENGALAMAN PENGGUNA) - UI (ANTAR MUKA PENGUNA) MOBILE APPLICATION KATEGORI TRANSPORTASI ONLINE TERHADAP GAYA HIDUP BERTRANSPORTASI MASYARAKAT URBAN. Jurnal Seni

& Reka Rancang Volume 1, No.1, November 2018, pp 181-207.

Anang Purnomoa,1, Ardiansyaha, 2. 2018. Pengembangan User Experience (Ux) Dan User Interface (Ui) Aplikasi Ibeauty Berbasis Android. Program Studi Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan, Prof. Dr. Soepomo, S.H., Janturan, Umbulharjo, Yogyakarta 55164 1 anangpurnomo22@gmail.com; 2 ardiansyah@tif.uad.ac.id

NUR IKHSAN MULYA SYAHPUTRA. 2016. Analisis dan Perancangan User Interface Untuk Meningkatkan User Experience Menggunakan Metode Heuristic Evaluation Pada Website Celcofe.co.id INFORMATIKA, UNIVERSITAS BAKRIE.

BARLY VALLENDITO. 2020. Rancang Bangun Ui (User Interface) / Ux (User Interface) Aplikasi Manajemen Skripsi Pada Program Studi Teknik Informatika Di Universitas Ahmad Dahlan. TENIK INFORMATIKA. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG.

Muhammad Leyri Adzani. 2016. ANALISIS DAN PERANCANGAN UI/UX PADA PROTOTYPE APLIKASI MOBILE E-COMMERCE GRAMEDIA.COM. SISTEM INFORMASI. UNIVERSITAS MULTIMEDIA NUSANTARA TANGERANG.

ANDI REYNALDI. 2019. PERANCANGAN DESAIN USER INTERFACE (UI) APLIKASI PENCARIKOST.DESAIN KOMUNIKASIVISUAL. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

https://socs.binus.ac.id/2019/12/23/metodologi-scrum/ diakses pada 4 Mei 2021.

https://glints.com/id/lowongan/ux-research/#.YPFShegzbMV diakses pada 7 Mei 2021.

https://idcloudhost.com/mengenal-apa-itu-figma-fitur-fungsi-cara-kerja- menggunakannya/ diakses pada 16 Mei 2021.

https://www.techfor.id/proses-desain-user-experience-ux/ diakses pada 20 mei 2021




DOI: https://doi.org/10.52643/jti.v8i2.2772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

 

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.