Sistem Penyiraman Tanaman Berbasis Mikrokontroler dan Telegram

Ramadhani Ulansari, Suwarni Suwarni, Yasmiati Yasmiati

Abstract


Abstrak- Selama ini, penyiraman tanaman masih dilakukan secara manual. Akan tetapi, terkadang manusia tidak punya cukup waktu untuk menyiram tanaman serta tidak mengetahui berapa banyak air yang dibutuhkan oleh tanaman. Oleh karena itu, dibuatlah rancang bangun sistem kontrol penyiraman tanaman berbasis NodeMcu ESP8266 menggunakan Telegram untuk mempermudah pekerjaan manusia dalam hal menyiram tanaman. Penelitian ini dilakukan dengan merancang bangun suatu Alat yang dapat mengontrol kelembaban tanah dengan menggunakan sensor kelembaban tanah yang dikendalikan melalui NodeMCU ESP8266 dan diinstruksikan oleh Perangkat Smartphone melalui Aplikasi Telegram untuk menampilkan nilai kelembaban tanah. Smartphone akan menerima pesan dari nilai kelembaban tanah jika kondisi kelembaban tanah baik maka LED hijau akan menyala, dan jika kondisi kelembaban tanah tidak baik maka LED merah dan Bel akan menyala. Sebuah sistem kontrol penyiraman tanaman yang telah dibuat dapat mengontrol dan memonitor alat penyiraman tanaman yang dikontrol dengan perintah cek, on dan off untuk mengontrol kondisi relay baik untuk menyalakan atau mematikan pompa air berdasarkan perintah dari ponsel.

Kata Kunci : Kelembaban, NodeMcu ESP8266, Pompa Air, Sistem Kontrol, Telegram

 


Full Text:

PDF

References


(1). Abdullah, Masthura. 2018. ”Sistem Pemberian Nutrisi Dan Penyiraman Tanaman Otomatis Berdasarkan Real Time Clock Dan Tingkat Kelembaban Tanah Berbasis Mikrokontroler Atmega32”. Jurnal Ilmu Fisika Dan Teknologi. Vol. 2, No 2.

(2). Andreas. F., Triyanto. P., Rismawan. T. 2015. Rancang Bangun Sistem Kontrol Dan Pemonitoran Lampu Rumah Dengan Smartphone Android Berbasis Sms Gateway Dan Mikrokontroler Atmega16. Volume 03. No 2.

(3). Kadir,Abdur, Giovanny(Ed). 2018. Wireless Programming Untuk Arduino. Yogyakarta:Andi

(4). Kadir,Abdur, Giovanny(Ed).. 2018. Dasar Pemrograman Internet Untuk Proyek Berbasis Arduino. Yogyakarta:Andi

(5). Kafiar, E. Z., Allo, E.K., Dringhuzen J. 2018. Mamahit.Rancang Bangun Penyiram Tanaman Berbasis Arduino Uno Menggunakan Sensor Kelembaban Yl-39 Dan Yl-69. Vol 7. No 3.

(6). Musthafa.A., Utama.S.N., Harmin .T. “ Rancang Bangun Sistem Kontrol Penyiraman Tanaman Bawang Merah Pada Greenhouse Menggunakan Smartphone”.

(7). Ramhat.A. Apa Itu Nodemcu Esp8266? Bagaimana Cara Pakenya? . https://Kelasrobot.Com/Apa-Itu-Nodemcu-Esp8266-Bagaimana-Cara-Pakenya/. 13 September 2018

(8). Ratnawati, Silma. 2017. Sistem Kendali Penyiram Tanaman Menggunakan Propeller Berbasis Internet Of Things. Jurnal Inspiraton, Vol 7, No 2.

(9). Rizky. 2 Cara Membuat Bot Telegram (Coding dan Tanpa Coding). https://dicoffeean.com/membuat-bot-telegram/. 17 maret 2017




DOI: https://doi.org/10.52643/jti.v8i2.2771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

 

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.