Rancang Bangun Program Aplikasi Pemesanan Makanan Daring Berbasis Android Sebagai System As Self Service (SASS)

Shafira Maya Tas'a, Suwarni Suwarni

Abstract


Model perdagangan yang berkembang saat ini adalah perdagangan online. Salah satu teknologi yang dimaksud adalah teknologi yang berkaitan dengan telekomunikasi dan informasi baik perkembangan teknologi di bidang internet maupun mobile device. Saat ini banyak orang menggunakan smartphone sebagai mobile device dimana perangkat komunikasi tersebut memiliki kelebihan dapat terhubung dengan internet untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya. System As Self Service, yakni sistem di tempat usaha yang memungkinkan pelanggannya mendapatkan barang maupun jasa tanpa bantuan staf. Tujuan dari perancangan aplikasi ini untuk mempermudah masyarakat dalam memesan makanan online, karena berjualan online menjadi salah satu pilihan untuk para ibu rumah tangga dan juga para anak muda saat. Sistem yang diusulkan menggunakan metode waterfall dan pemodelan sistem yang dirancang menggunakan UML, yang meliputi use case diagram, activity diagram dan sequence diagram. Tahap pemrograman dengan menggunakan PHP, Framework laravel 8.0 dan MySQL sebagai sistem menajemen database. Metodologi yang digunakan adalah Metode pengembangan perangkat lunak System Development Life Cycle (SDLC). Model ini adalah proses mengembangkan atau mengubah sistem perangkat lunak dengan menggunakan model-model waterfall.

.

Kata Kunci : aplikasi pemesanan makanan daring, web, PHP, MySQL, SASS


Full Text:

PDF

References


Model perdagangan yang berkembang saat ini adalah perdagangan online. Salah satu teknologi yang dimaksud adalah teknologi yang berkaitan dengan telekomunikasi dan informasi baik perkembangan teknologi di bidang internet maupun mobile device. Saat ini banyak orang menggunakan smartphone sebagai mobile device dimana perangkat komunikasi tersebut memiliki kelebihan dapat terhubung dengan internet untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya. System As Self Service, yakni sistem di tempat usaha yang memungkinkan pelanggannya mendapatkan barang maupun jasa tanpa bantuan staf. Tujuan dari perancangan aplikasi ini untuk mempermudah masyarakat dalam memesan makanan online, karena berjualan online menjadi salah satu pilihan untuk para ibu rumah tangga dan juga para anak muda saat. Sistem yang diusulkan menggunakan metode waterfall dan pemodelan sistem yang dirancang menggunakan UML, yang meliputi use case diagram, activity diagram dan sequence diagram. Tahap pemrograman dengan menggunakan PHP, Framework laravel 8.0 dan MySQL sebagai sistem menajemen database. Metodologi yang digunakan adalah Metode pengembangan perangkat lunak System Development Life Cycle (SDLC). Model ini adalah proses mengembangkan atau mengubah sistem perangkat lunak dengan menggunakan model-model waterfall.

.

Kata Kunci : aplikasi pemesanan makanan daring, web, PHP, MySQL, SASS




DOI: https://doi.org/10.52643/jti.v8i1.2287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

 

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.