Analisis Pengaruh Kualitas Website Maxserver Menggunakan Webqual 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna Pada PT.MCS

Ahmad Ishaq, Toni Sukendar, Mohammad Ikhsan Saputro, Achmad Sumbaryadi

Abstract


Layanan suatu website perlu diukur untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna dan memperoleh umpan balik. Dalam penelitian ini kualitas website Maxserver diukur dengan menggunakan metode webqual 4.0. Webqual merupakan instrumen yang menilai kualitas suatu website menurut persepsi pengguna akhir. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk menguji hubungan antar dimensi dari webqual 4.0 dengan kepuasan pengguna. Responden dalam penelitian ini adalah pengguna yang sudah berlangganan menggunakan produk dari maxserver. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 122 responden. Data penelitian diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner terhadap responden. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan untuk hasil analisis koefisien determinasi adalah 0.644. jadi sumbangan pengaruh dari variabel independent yaitu 64.4% sedangkan sisanya 35.6% dipengaruhi oleh faktor lain. Sedangkan kesimpulan untuk Uji F yaitu kualitas kegunaan (usability) , kualitas informasi (information quality) dan kualitas interaski (interaction quality) secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pengguna (user satisfaction). Kemudian untuk hasil Uji T yaitu dimensi information quality dan interaction quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap user satisfaction. Untuk itu dibutuhkan rekomendasi untuk peningkatan kualitas website maxserver pada dimensi information quality dan interaction quality.

Kata Kunci: Webqual 4.0, Kualitas Website, Maxserver, PT. MCS


Full Text:

PDF

References


. Fauziah, D., & Wulandari, D. (2018). PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN BUKALAPAK.COM TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DENGAN METODE WEBQUAL 4.0. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 3(2), 173–180. https://doi.org/https://doi.org/10.33480/jitk.v3i2.345

. Ghafiki, R., & Setyorini, R. (2015). PENGARUH KUALITAS WEBSITE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SITUS BUKALAPAK.COM. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

. Hekhmatyar, O. G., & Supriyadi, D. (2017). Measurement Satisfaction Information System Quality Service On BSI Using Webqual And CSI. Indonesian Jurnal on Computer and Information Technology, 2(2), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/ijcit.v2i2.2772

. Kharisma, M., & Anggraeni, S. (2018). PENGARUH KUALITAS LAYANAN BJB NET TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK BJB RASUNA SAID MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0. TECHNO Nusa Mandiri, 15(1), 13–18. https://doi.org/https://doi.org/10.33480/techno.v15i1.52

. Meyliana, A. (2018). Pengukuran Kualitas Situs Jual Beli Online Menggunakan Metode WebQual. Indonesian Journal on Software Engineering, 7(2), 14–20. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/ijse.v4i1.6232




DOI: https://doi.org/10.52643/jti.v7i2.1669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

 

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.