IMPLEMENTASI APLIKASI SANDI SEMAPHORE BERBASIS ANDROID

Hanin Madiniyah, Jenih Jenih, Toni Sugiarso

Abstract


Dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka dibutuhkan media penunjang pembelajaran sandi semaphore untuk memudahkan anggota pramuka dalam mempelajari materi sandi semaphore. Saat kegiatan pembelajaran berlangsung mereka masih menggunakan metode konvensional. Anggota pramuka membutuhkan pembina untuk menjelaskan materi semaphore serta kelompok atau lawan untuk mengasah kemampuan gerakan sandi semaphore. Hal ini menyebabkan waktu menjadi tidak efisien karena waktu pembelajaran menjadi lambat.Perkembangan smartphoneyang sangat pesat saat ini adalah smartphone berbasis Android. Perancangan aplikasi sandi semaphore berbasis android ini bertujuan untuk memudahkan anggota pramuka dalam mempelajari sandi semaphore dengan mandiri sehingga waktu yang dibutuhkan dalam pembelajaran menjadi lebih efisien.        Metode pengembangan sistem dalam perancangan aplikasi sandi semaphore ini mengacu pada model pengembangan ADDIE.      Dalam aplikasi ini objek yang ditampilkan berupa teks, animasi, video,suara dan gambar, selain itu terdapat pula kolom timer dan score dalam menjawab soal diberikan timer 5detik. Jika berhasil menjawab maka score akan bertambah.Aplikasi inidapat menjadi salah satu alternatif media pembelajaran untuk memudahkan para anggota pramuka dalam mempelajari dan memahami materi sandi semaphoredengan mandiri sehingga waktu yang dibutuhkan dalam pembelajaran lebih cepat dibandingkan dengan metode konvensional.

 

Kata kunci : Smartphone, Semaphore, timer, score, ADDIE


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jti.v4i1.153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

 

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.