Aplikasi Pembelajaran Chord Gitar Bass Versi Rohani Menggunakan App Inventor 2 Dan MYSQL

Erna Auparay, Evresia Tirza Trifena Siswadi

Abstract


Pada gereja Bethany Grace and Glory sebelumnya belum membuat sistem informasi panduan chord bass versi rohani untuk menunjang kegiatan peribadatan. Saat melakukan latihan untuk menyambut ibadah raya pada hari minggu atau ibadah lainnya, tim musik hanya mengandalkan selebaran kertas untuk menuliskan chord dari setiap lagu yang diaransemen untuk dinyanyikan saat latihan tiap minggu. Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mendeskripsikan hasil penelitian tentang Aplikasi Pembelajaran Chord Gitar Bass Menggunakan APP Inventor 2 dan MySQL Manokwari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode waterfall berbasis android. Selanjutnya aplikasi dirancang menggunakan Web Viewer yang terdapat pada App Inventor 2 dan My SQL (database) sebagai penyimpanan data. Dari hasil pengujian dan pengolahan data pada pembelajaran gitar bass elektrik dengan App Inventor berbasis android akan mempermudah pengguna dalam melakukan pembelajaran Chord Gitar Bass dalam pencarian judul lagu dan terdapat video mengenai kunci dasar dan teknik petik gitar bass. Aplikasi pembelajaran chord bass versi rohani berbasis android terdiri dari 2 tipe aktor yaitu admin dan pengguna.


Full Text:

PDF

References


Sukamto, R. A., & Shalahuddin M. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung. Informatika; 2013.

Hendini A. Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang. J Khatulistiwa Inform. 2016;2(9):107–16.

Eka Wida Fridayanthie TM. RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PERMINTAAN ATK BERBASIS INTRANET (STUDI KASUS: KEJAKSAAN NEGERI RANGKASBITUNG. J KHATULISTIWA Inform. 2016;IV(2):2016.

Ahmad NH, Yuliawan K. Aplikasi Sasaran Kerja Pegawai ( SKP ) Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadusatu Pintu Provinsi Papua Barat Berbasis Visual Basic . Net. 2021;4(1):38–41




DOI: https://doi.org/10.52643/jti.v7i1.1324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

 

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.