Pengembangan Sistem Informasi One Stop Service (OSS) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Respati Tasikmalaya

Suwarni Suwarni, Jenih Jenih, Tony Sugiarso

Abstract


ABSTRAK

Sistem Informasi Akademik secara khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan Perguruan Tinggi yang menginginkan layanan pendidikan yang terkomputerisasi untuk meningkatkan kinerja dan kualitas layanan. Aplikasi One Stop Service (OSS) merupakan Sistem Informasi Akademik yang dapat memudahkan dalam pengelolaan seluruh aktifvitas akademik maupun non akademik mulai dari data penerimaan mahasiswa baru, KRS Online, nilai dan transkrip mahasiswa, presensi mahasiswa, pengaturan ruang dan mata kuliah, data dosen, Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa (EDOM), pengelolaan kurikulum dan semester, tugas akhir, yudisium sampai kelulusan. Dalam pengelolaan administrasi akademik STIKES Respati sudah menggunakan Sistem Infromasi Akademik (SIMAK) namun aksesnya hanya sebatas  LAN dan belum disesuaikan dengan kebutuhan pembuatan laporan Perguruan Tinggi PDDIKTI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan metode Analisa. Metode pengembangan sistem dalam penelitian ini dengan metode  Waterfall. Hasil dari Aplikasi One Stop Service (OSS) menghasilkan sistem informasi akademik  yang terintegrasi sehingga dapat mengakomodir laporan  Perguruan Tinggi sesuai dengan format  PDDIKTI.

Kata kunci : sistem, akademik, pengembangan,laporan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jti.v6i2.1146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

 

StatCounter

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.