Perbaikan Pengelolaan Keuangan pada TPQ Nurul Hikmah Sidakaton

Ifitah Amaliyah, Yeni Priatnasari, Hikmatul Maulida

Abstract


TPQ Nurul Hikmah Sidakaton adalah sebuah lembaga pendidikan Al-qur’an. Salah satu kegiatan utamanya adalah belajar mengajar. Selain itu, TPQ juga melaksanakan kegiatan administrasi keuangan contohnya seperti pembayaran SPP. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu TPQ Nurul Hikmah Sidakaton memperbaiki sistem administrasi keuangan terutama pada pencatatan SPP santri dan membantu meningkatkan pelayanan TPQ Nurul Hikmah Sidakaton kepada masyarakat dengan menerapkan Aplikasi Pembayaran SPP. Teknik yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat adalah observasi, dan penerapan aplikasi SPP menggunakan spreadsheet. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah penerapan Aplikasi Pembayaran SPP menggunakan Microsoft excel untuk mempermudah pencatatan pembayaran SPP siswa. Kesimpulan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah pencatatan SPP yang sudah berjalan selama ini di TPQ Nurul Hikmah Sidakaton sudah cukup memadai namun masih kurang efektif, penerapan Aplikasi Pembayaran SPP diharapkan dapat menghasilkan informasi yang berkualitas, meningkatkan pelayanan kepada wali santri dan dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan.

 

Kata kunci : Pencatatan Keuangan, SPP, Aplikasi Pembayaran SPP, Aplikasi Spreadsheet


Full Text:

PDF

References


Abidin, R., & Kuncoro, A. A. (2015). Aplikasi Pembayaran SPP di Lingkungan Yayasan Az-Zahra Demak Berbasis Client Server Terintegrasi dengan SMS Gateway. ELKOM (Jurnal Elektronika dan Komputer), 8(1), 37-41.

Sudirman, H. (2012). Perancangan Program Aplikasi Transaksi Pembayaran SPP, UTS dan UAS Menggunakan Metode Analisis dan Desain Berorientasi Objek Model Unified Aproach (UA). 2.

Waidah, D. F., & Hursali, S. (2020). Analisis Dan Desain Sistem Informasi Laporan Keuangan SPP Pada Kelompok Bermain Melati Desa Pangke Barat Di Kabupaten Karimun. Jurnal TIKAR, 1(1).

Anshori, D. (2020). Apa Kepanjangan SPP. Diambil kembali dari id.quora.com: https://id.quora.com/Apa-kepanjangan-SPP

Ariwibowo, B. (2019). BAB II PENDAHULUAN. Diambil kembali dari repository.unama.ac.id: http://repository.unama.ac.id/cgi/users/login?target=http%3A%2F%2Frepository.unama.ac.id%2F265%2F2%2FBab%25202.pdf

Ell, M. (2020, Jan 24). Mr Ell Berbagi Tutorial. Retrieved from Mr Ell Berbagi Tutorial: https://www.youtube.com/watch?v=sYyjBPvWpZo

Harta, G. D., Julianto, P., & Wahyuni, M. A. (2018). Analisis Penerapan Sistem Pembayaran SPP Melalui Aplikasi Pembayaran SPP Terkomputerisasi pada SMA Negeri 4 Singaraja. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi), 9(3), 2614-1930.

Nurdiyanti, Y. (2018). Pembayaran SPP Dengan System Informasi Manajemen Sekolah : Studi Pada Madrasah Aliyah YPP Babakan Jamanis. Journal of Management Review, 2(1), 183-189.

Riestianti, O. (2020). Laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) pada Bagian Hukum Pertahanan Tentang Digitalisasi Warkah di Kantor Pertahanan Kota Tegal. Kota Tegal: Tidak dipublikasikan.

Rosiana, A. V. (2020). Laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) pada Bagian Adminitrasi Arsip di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Kota Tegal. Kota Tegal: Tidak dipublikasikan.

Tegal, P. H. (2020). Panduan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Program Studi DIII Akuntansi . Tegal.

Tokopedia, P. (2009-2021). Tokopedia Kamus Keuangan. Diambil kembali dari kamus.tokopedia.com: https://kamus.tokopedia.com/u/uang-keuangan/

Waluyo, T. (2010). Perpajakan Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Wikipedia. (2017, Agustus). SPP. Diambil kembali dari id.wikipedia.org: https://id.wikipedia.org/wiki/SPP




DOI: https://doi.org/10.52643/pamas.v6i1.1461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (Pamas)

 

         

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.