Pelatihan Marketing Online Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kelurahan Bambu Apus, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur

Kwarnanto Rohmawan, Nurminingsih Nurminingsih, Ahmadun Ahmadun

Abstract


Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM melakukan pembinaan terhadap pelaku usaha meliputi kemampuan pengelolaan terlebih dalam akuisisi penggunaan teknologi berbasis digital sehingga diharapkan kemampuan SDM pelaku UMKM bisa ditingkatkan dengan penggunaan teknologi sebagai penunjang dapat memberikan berbagai dukungan yang lebih besar bagi para UMKM mengembangkan potensi usaha menjadi lebih maksimal. Upaya pemberian pelatihan kepada para pelaku usaha kecil dan menengah untuk lebih mengenal serta dapat memanfaatkan teknologi informasi digital dalam hal ini internet untuk mengembangkan usahanya, baik dari segi jaringan pemasaran, mitra kerja, permodalan hingga inovasi produk. Disamping itu pemberian pelatihan juga memberikan pengenalan wawasan dan motivasi tentang manfaat penggunaan teknologi informasi internet terhadap marketing dan perkembangan usaha serta pengenalan bagaimana cara menggunakan teknologi informasi internet yang mudah dan praktis untuk memasarkan dan pengembangan produk dan usaha


Full Text:

PDF

References


Agus Hermawan, 2012. Komunikasi Pemasaran, Erlangga, Jakarta

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) hasil survey nasional tentang penetrasi pengguna internet tahun 2018

Cut Devi Maulidasari, Damrus Damrus, 2020 Dampak Pemasaran Online di Era Pandemi Covid-19, Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen (JBKSM, Vol 4 No 2

Eni Widhajati, 2019, Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Penjualan UMKM Di PLUT KUMKM Tulungagung, Jurnal Benefit,Vol 6 No 1

E-book, Making Indonesia 4.0, Kementrian Perindustrian, 2019

Iin Endang Mardani, 2013, Analisis Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Media Online (E-Marketing), Jurnal Ekonomi, Volume 4 Nomor 2

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20161121122525-92-174080/kontribusiumkm-terhadap-pdb-tembus-lebih-dari-60-persen

Ridho Azlam Ambo Asse, 2018, Strategi Pemasaran Online, Jurnal Komunikasi KAREBA Vol.7 No.2




DOI: https://doi.org/10.52643/pamas.v6i1.1058

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (PAMAS)

 

         

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.