Performa Ayam Broiler yang Diberi Penambahan Level Aditif Pakan Tepung Tanaman Meniran (Phyllanthus niruri, L)

Maria Aditia Wahyuningrum, Ayu Vandira, Tetty Hastuti, Maman Sukirman, Jenih Jenih

Abstract


Seiring dengan tingginya tingkat kematian pada ayam broiler yang bersumber dari penyakit diakibatkan virus, bakteri, jamur atau kapang dan lain-lain maka banyak dikembangkan penelitian untuk mengatasi permasalahan tersebut salah satunya dengan memberikan aditif pakan yang sekaligus berfungsi sebagai fitobiotik. Meniran (Phyllanthus niruri, L) merupakan salah satu tanaman obat yang digunakan sebagai fitobiotik karena mengandung fitokimia dan herba meniran sudah dikembangkan juga menjadi fitofarmaka. Sehingga diharapkan dapat memberikan efek antibakteri dan antioksidan yang efektif menekan pertumbuhan bakteri pathogen yang menghambat pertumbuhan ayam broiler. Penelitian ini bertujuan mengetahui performa ayam broiler yang diberi penambahan level aditif pakan tepung tanaman meniran (Phyllanthus niruri, L.)

Rancangan penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL). Materi yang digunakan antara lain ayam broiler umur 1 hari (day old chick) sebanyak 200 ekor dipelihara selama 4 (empat) minggu. Metode penelitian yang digunakan dengan 5 level penambahan perlakuan dan 4 kali ulangan masing-masing terdiri dari 10 (sepuluh) ekor ayam. Adapun 5 perlakuan tersebut adalah: R1 ; Ransum Basal/RB (tanpa campuran antibiotik dan Tepung Meniran/TM), R2; RB + Zn Bacitracin (antibiotik), R3 ; RB + TM 0,0157 %, R4; RB + TM 0,0313 %, R5 ;RB + TM 0,0470 %. Penelitian ini mengamati tentang konsumsi ransum, konversi ransum, pertambahan bobot badan dan angka kematian (mortalitas) ayam broiler.

Penelitian menunjukkan bahwa penambahan tepung tanaman meniran (Phyllanthus niluri, L) dalam ransum memberikan pengaruh yang tidak nyata (P>0,05) terhadap konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, konversi ransum dan mortalitas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penambahan level aditif tepung tanaman meniran (Phyllanthus niluri, L) dalam ransum dapat meningkatkan pertumbuhan ayam broiler. Adapun sebagai saran diperlukan adanya analisa lanjutan untuk mengetahui kandungan mikroba pathogen dan proses pembuatan serta pencampuran ransum mengingat pentingnya keseimbangan mikroflora dalam usus halus untuk pertumbuhan ternak dibutuhkan pakan tambahan yang alami menggantikan penggunaan antibiotik.

 

Kata Kunci:  Tepung Meniran, ayam broiler, pertumbuhan, konsumsi, konversi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter