PENGARUH TEPUNG DAUN KELOR (Moringa Olifera Lamk) PADA KANDUNGAN KOLESTEROL BOBOT DAN BOBOT KARKAS PUYUH

Sailan Sailan, Endjang Manshur

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tepung daun kelor  (moringa oleifera) dalam ransum terhadap kandungan kolesterol, bobot telur dan bobot karkas puyuh (Cortunix cortunix japonica). Materi yang digunakan adalah DOQ  umur 0 hari – 8  minggu sebanyak 240 ekor. Pakan yang digunakan selama penelitian adalah BR 1 untuk  start sampai umur 36 hari dan SP 22 untuk  leyer dari umur 36 hari sampai selesai.

Rancangan yang digunakan adalah eksperimental  dengan pakan tanpa dicampur dengan tepung kelor untuk control (PO), penambahan tepung daun kelor  3% (P1), 6% (P2), dan 9% (P3). Variable kandungan yang diamati adalah dalam berat telur dan berat karkas puyuh. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap dengan  4(empat ) perlakuan  dan 6 (enam) ulangan setiap perlakuan.  Total ulangan 24 kandang, pengamatan dilakukan  selama penelitian dimulai pada umur 1 hari sampai umur 8 minggu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa  tepung daun kelor  memberikan pengaruh sangat nyata terhadap penurunan kandungan  kolesterol kuning telur puyuh dan bobot karkas puyuh dan tidak berpengaruh nyata terhadap bobot telur puyuh

 

Kata kunci : starter, leyer, kolesterol, tepung daun kelor.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter