Analisis Hubungan Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pasien Di Unit Pelayanan Rawat Jalan Rumah Sakit Kartini Tahun 2018

Enrico Adhitya Rinaldi

Abstract


Rumah sakit merupakan salah satu sarana pelayanan kesehatan masyarakat yang memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Tingkat kepuasan pelayanan terhadap pelanggan adalah upaya pemberian layanan sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan serta ketepatan penyampainnya untuk mensinergikannya dengan keinginan pelanggan.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan penelitian ini merupakan metode penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan desain cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling. Sampel penelitian ini adalah pasien di Poli Rawat Jalan RS. Kartini yang berjumlah 100 responden.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa korelasi bauran pemasaran Product dengan loyalitas pasien memiliki nilai p 0,002 yang artinya terdapat korelasi secara signifikan antara bauran pemasaran Product dan loyalitas pasien. Korelasi antara bauran pemasaran Price dengan loyalitas pasien adalah positif lemah dan bermakna secara statistik. Bauran pemasaran Place dengan loyalitas pasien, didapat nilai p 0.004 menunjukkan bahwa terdapat korelasi secara signifikan antara bauran pemasaran Place dan loyalitas pasien. Korelasi bauran pemasaran Promotion dengan loyalitas pasien melalui analisis statistik diperoleh nilai p 0.003, sehingga terdapat korelasi secara signifikan antara bauran pemasaran Promotion dan loyalitas pasien. Bauran pemasaran People dengan nilai p 0.008 menunjukkan bahwa terdapat korelasi secara signifikan antara bauran pemasaran People dan loyalitas pasien. Physical  Evidence  berkorelasi  positif  sedang  (r=0.477,  p=<0.005).  Analisis bivariat yang dilakukan untuk mengetahui korelasi bauran pemasaran Physical Evidence terhadap loyalitas pasien mendapatkan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0.477 yang artinya korelasi antara bauran pemasaran Physical Evidence dengan loyalitas pasien adalah korelasi positif sedang dan bermakna. Bauran pemasaran Process dengan nilai p < 0.004 menunjukkan bahwa terdapat korelasi secara signifikan antara bauran pemasaran Process dan loyalitas pasien.

Saran kepada pihak manajemen Rumah Sakit Kartini agar menambah produk unggulan sehingga dapat menjadi ciri khas bagi Poli Rawat Jalan Rumah Sakit Kartini seperti melengkapi dokter spesialis yang belum ada sehingga dapat memberikan pelayanan kepada pasien secara lengkap.

Kata Kunci      :  Pemasaran, Loyalitas Pasien, Rawat Jalan

Daftar Pustaka :  29 (1997 - 2014)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter