FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FIRM SIZE & FINANCIAL LEVERAGE PADA INCOME SMOOTHING

Bella Wira Sasmita, Ani Nuraini

Abstract


ABSTRAK

Laporan keuangan menjadi alat untuk mengevaluasi kegiatan akuntansi termasuk laporan Rugi/ Laba komprehensif yang terintegrasi, wajar, sesuai prinsip akuntansi untuk mempertanggung jawabkan kegiatan manajemen dan untuk mengambil keputusan pada suatu instansi berdasarkan penilaian kinerja keuangan dan peramalan keuangan untuk memperkirakan  risiko  penanaman modal (investasi), serta membuat manipulasi laba bagi kinerja keuangan yang stabil dan dikenal dengan income smoothing  yaitu merupakan kreatif akunting untuk menaikkan laba.

Tujuan penelitian ini untuk menentukan pengaruh dari ukuran perusahaan pada tingkat kreatif akunting, pengaruh signifikan keuangan pada income smoothing sebagai suatu variable mediasi. Penelitian ini adalah penelitian yang menjelaskan penggunaan data panel. Target populasi adalah perusahaan yang masuk di Bursa Efek Indonesia (BEI), dan sampel ditarik dari 10 perusahaan yang diseleksi dari bidang pertambangan menggunakan teknik sampling non probability dengan metode purposive sampling.

Hasil penelitian didapatkan ukuran perusahaan (X1) mempunyai pengaruh positif dan signifikan pada income smoothing (Y) dengan nilai sig. (0,330 < 0,05), artinya bahwa Ho adalah diterima sebab berpengaruh positif pada income smoothing variable (Y) demikian juga variable financial  leverage (X2) berpengaruh positif  dan signifikan yang diperkuat  dengan (0,0001 <0,05) Ho diterima, berarti financial leverage (X2) berpengaruh signifikan pada income smoothing (Y).

 

Kata kunci : ukuran perusahaan, leverage keuangan, perataan laba


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter